Rabu, 13 Juni 2012

Ternyata 45% Follower Twitter Perusahaan adalah Bot !!

[imagetag]

Jangan heran jika melihat akun Twitter brand atau perusahaan terkemuka memiliki segudang followers. Ternyata 45% dari pengikut mereka adalah bot atau fake belaka. Setidaknya ini menurut seorang peneliti.


Professor Marco Camisani Cazolari dari Universitas Milan mengemukaan pendapat ini.

Menurutnya perusahaan-perusahaan besar menggembungkan pengikut mereka dengan membeli akun Twitter bot dalam jumlah besar.

Lantas perusahaan dan brand apa yang memliki prosentase bot terbesar di Twitter? Menurut Marco Camisani Cazolari Dell hanya memiliki 30,2% follower 'manusia', sisanya adalah bot (45,99%). Perusahaan lain pemilik bot terbanyak yakni Whole Foods (44,3%), JetBlue (36,6%), dan EA (29%).

[imagetag]

Sedangkan perusahaan terendah yang diikuti oleh akun Twitter bot adalah CocaCola (13,13%), PlayStation (11,61%), SamsungMobile (10,57%), dan Starbucks (6,88%). Namun sayangnya Marco Camisani Cazolari tidak menuding secara langsung perusahaan tersebut melainkan hanya menunjukkan data-data hasil penelitiannya.

"Kompetisi ketat dalam jumlah pengikut menyebabkan perusahaan baik secara langsung maupun tidak melalui peratara, membeli pengikut untuk tujuan meningkatkan jumlah secara keseluruhan," terang Marco Camisani Cazolari, seperti dikutip dari Huffingtonpost.

Professor dari Universitas Milan ini kemudian menambahkan, jika tingginya permintaan (pengikut) telah menciptakan pasar internasional dalam transaksi jual beli follower.

"Pasar menawarkan pengikut palsu atau bot dan program perangkat lunak robot bisa menghasilkan sejumlah akun dalam waktu singkat," jelas akademisi Universitas Milan ini.
#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar