Jumat, 15 Juni 2012

Cara Cepat Membakar Lemak


[imagetag]

Olahraga teratur dipercaya sebagai salah satu cara mudah membakar lemak dan membuat tubuh bugar. Namun, ada beberapa trik agar olahraga menjadi lebih efektif.

Lakukan beberapa hal berikut untuk membakar kalori lebih cepat.

1. Makan sebelum olahraga
Makan bar atau biskuit yang rendah karbohidrat 90 menit sebelum olahraga, memungkinkan Anda berolahraga lebih lama sehingga membakar kalori lebih banyak. Steve Zim, penulis 'Hot Point Fitness' mengingatkan untuk memerhatikan asupan makanan sebelum olahraga.

Bila makan saat mendekati latihan fitnes, darah akan mengalir ke perut dengan cepat dan mengurangi kinerja gerakan olahraga.

2. Bernapas lewat hidung
Menghirup dan membuang napas melalui hidung membantu menstabilkan denyut jantung dan meningkatkan daya tahan. Hindari melakukannya dengan mulut. Dengan bernapas lewat hidung, latihan bisa lebih lama sehingga membakar lebih banyak kalori. Untuk melatihnya, dibutuhkan waktu sekitar enam sampai delapan gerakan agar sempurna.

3. Gerakan cardio di akhir olahraga
"Lakukan gerakan pemanasan sebelum melakukan latihan kardiovaskular," saran Ken Fitzgerald, pemilik Lift in Gym, New York. Tubuh membutuhkan 15 menit pemanasan sebelum mulai membakar lemak.

4. Variasikan gerakan
Melakukan latihan yang sama persis setiap kali berolahraga membuat tubuh beradaptasi dan akhirnya berhenti membakar banyak kalori. Jadi variasikan gerakan olahraga. Jika Anda berlari suatu hari, cobalah bersepeda atau berenang pada sesi berikutnya.

Jika Anda biasa memulai latihan dari bahu dan lengan, cobalah mengawali dari kaki pada kesempatan berikutnya.

5. Jangan membungkuk
Membungkuk di atas stang sepeda atau saat melakukan gerakan, akan memperlambat proses pembakaran lemak, kata Fitzgerald. Sebuah beban atau berpegangan membantu menyeimbangkan berat. Jika tidak bisa, kayuh sepeda lebih lambat.

6. Interval gerakan
Cara terbaik untuk membakar lemak adalah bekerja sekeras mungkin selama bisa, ujar Malick Diop, seorang pelatih kebugaran di Equinox Gyms di New York. Jika baru mulai latihan, interval akan sangat membantu.

Lakukan latihan treadmill selama dua menit dengan kecepatan 7 mph, diikuti dua menit dengan kecepatan 5 mph, lalu kembali ke 7 mph selama 20-45 menit. Ini akan membakar lemak lebih cepat dan membangun daya tahan tubuh.

7. Tambahkan beban ringan
Makin banyak otot yang bekerja, makin banyak kalori yang terbakar. Sehingga, bila tak punya banyak waktu dengan latihan kardio, Zim menyarankan melakukan bicep curls dan gerakan overhead sambil mengangkat 2-3 kilogram beban. Bisa juga lakukan saat berjalan atau menaiki tangga. Hal ini akan memperkuat otot dan membakar lemak lebih banyak daripada latihan kardio tanpa beban.


Sumber
#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar