Jumat, 15 Juni 2012

Memanjat ala Spiderman Gak Lagi Mustahil


Bisa merangkak di dinding ala Spiderman merupakan mimpi banyak orang. Kini, penantian itu usai sudah berkat perangkat ciptaan mahasiswa Utah State University (USU) ini.


Para mahasiswa teknik ini berhasil menciptakan alat khusus untuk memanjat dinding menggunakan penyedot debu. Alat yang dinamakan Ascending Aggies ini berbentuk serupa ransel dan dapat digunakan menaiki dinding kaca, bata atau batu hingga setinggi 27,4 meter tanpa tali. Demikian dikutip dari DailyMail.

Tim yang dipimpim Dr Steve Hansen ini mengaku terinspirasi Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS) dalam pembuatan alat ini. Seperti diketahui, AU AS ingin memecahkan masalah memanjat dinding tinggitanpa menggunakan tali.

Setelah berhasil memesona kepala militermenggunakan prototip yang sudah ada, tim ini mendapat dana US$100 ribu (Rp938,5 juta) untuk melanjutkan pengembangan alat ini.

Dikabarkan, Ascending Aggies ini ditenagai baterai yang bisa bertahan selama setengah jam.

"Alat ini akan membuat prajurit bisa menggunakan senjata atau perangkat lain sembari tergantung. Pada versi selanjutnya, teknologi ini akan dibuat untuk menahan dan mengurangi suasa bising motor dari penyedot debu," jelas Dr Hansen.




Sumber
#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar