Sabtu, 09 Juni 2012

Awas !! Makan Junk Food Berlebihan Bisa Sebabkan Gangguan Mental !!

[imagetag]

Berhati-hatilah jika Anda hobi atau sering makan junk food. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat, bisa berpengaruh terhadap kesehatan mental.


Selain membuat tubuh menjadi gemuk, makanan ini juga dapat merusak otak Anda. Junk food bisa memengaruhi hormon, terutama neurotransmitter dalam otak yang menyebabkan gangguan mental. Berikut dampak buruk lainnya yang disebabkan oleh konsumsi junk food yang berlebihan, seperti dilansir dari Bold Sky.

1. Gangguan Mental
Kandungan junk food sebagian besar berasal dari lemak jenuh yang akan mempengaruhi neurotransmitter pada otak. Seseorang yang sering mengonsumsi lemak jenuh bisa menderita gangguan mental, seperti depresi dan Alzheimer. Hal itu karena Anda tidak mendapatkan sejumlah vitamin dan mineral dari junk food yang seharusnya ada di dalam makanan alami. Makanan ini juga berdampak pada hormon dan pengaliran darah ke otak yang menyebabkan kerusakan mental.

2. Masalah Psikologis
Junk food bisa menyebabkan masalah fisik dan perubahan fungsi otak. Anda akan menderita masalah psikologis jika kecanduan junk food, seperti terlalu emosional atau terlihat 'kaku' pada lingkungan sekitar. Cara mengatasi masalah psikologis ini dengan menerapkan pola makan sehat, sedikit gula, dan rutin berolahraga. Boleh makan junk food sesekali, tapi tetap utamakan makanan yang sehat.

3. Menyebabkan Kecemasan
Selain gangguan mental, makan junk food bisa membuat Anda mempunyai rasa khawatir yang berlebihan, sering gemetar, serta kelelahan. Penyakit tersebut disebabkan oleh kurangnya asam lemak omega-3, tingginya karbohidrat olahan, sehingga menyebabkan fluktuasi gula darah. Lebih baik kurangi gorengan atau makanan lain yang tidak sehat bagi tubuh.

4. Hiperaktif
Mengonsumsi makanan yang kadar gulanya tinggi, mengandung zat pewarna buatan, serta banyak bahan pengawet seperti natrium benzoat, dapat membuat Anda hiperaktif. Junk food memiliki ketiga kandungan di atas yang bisa menyebabkan Anda bertingkah berlebihan.

5. Otak Menjadi Tidak Seimbang
Junk food mengandung campuran bahan dari lemak yang tidak sehat, pewarna buatan, karbohidrat olahan, serta pengawet yang mempengaruhi keseimbangan mental Anda. Makanan tidak sehat ini akan menyebabkan masalah kesehatan mental yang sulit disembuhkan. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengubah pola makan yang sehat.
#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar