Rabu, 23 Mei 2012

Nokia Terdepak dari Daftar 100 Merk Terbaik Dunia

Nokia Terdepak dari Daftar 100 Merk Terbaik Dunia


Tertinggal jauh dari Apple, IBM, dan Google yang berada di tiga besar


Menurut survey Millward Brown Optimor BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brands, Nokia salah satu produsen telepon seluler terkemuka di dunia tidak lagi termask dalam daftar seratus merk terbaik di dunia.


Nokia yang sejak 2006 selalu berhasil masuk ke daftar 100 merk terbaik, bahkan pada 2008 masuk dalam daftar sepuluh besar, kini terlempar sama sekali.


Keterpurukan itu semakin terasa pahit bagi Nokia, karena di urutan satu sampai tiga, perusahaan-perusahaan teknologi dunia termasuk pesaing Nokia, justru tampil dominan.


Sebut saja Apple di peringkat pertama, IBM di nomor dua, dan Google di peringkat ketiga. Adapun Microsoft di urutan keempat dan Facebook bertengger di urutan 19.


Apple dengan nilai perusahaan $182,86 miliar mengalami peningkatan nilai merk hingga 19 persen. Sementara IBM dengan nilai $115,985 miliar mengalami peningkatan nilai merk sebesar 15 persen.


Adapun Google dengan nilai $107,857 miliar justru mengalami penurunan nilai merknya sebesar tiga persen.


Selain empat perusahaan itu, diurutan keempat terdapat nama perusahaan waralaba asal Amerika Serikat, McDonalds, satu-satunya perusahaan yang tidak bergerak di bidang teknologi.


Penulis: Wall Street Journal/ Liberty Jemadu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar