Selasa, 27 Maret 2012

Teknik Cara dan Tips Membuat Blog atau Website yang SEO Friendly

Teknik Cara Membuat Blog yang SEO Friendly. Berikut adalah link dari blog saya yang lain mengenai cara membuat blog atau website sederhana.

Bagi anda yang ingin membuat Blog atau Website ada beberapa hal yang patut menjadi pertimbangan, yaitu pengetahuan mengenai teknik Search Engine Optimization atau SEO khususnya teknik SEO blog.

Setiap dari kita ingin agar blog kita tersebut mendapatkan response yang baik dan dikunjungi banyak orang, maka SEO sangat diperlukan. Blog ini berisikan informasi tentang teknik Google SEO yang mendasar, sehingga blog yang anda hasilkan dapat menjadi SEO friendly dan terindex dengan bagus di Google.

Berikut adalah tips SEO sebelum dan setelah anda memulai membuat blog atau website agar SEO friendly:

Yang terpenting adalah anda harus mempunyai fokus tema untuk apa membuat blog atau membuat website anda, sehingga content atau isi blog anda memiliki kualitas yang mumpuni. Jangan membuat blog yang fokusnya melebar.
Jika anda mempunyai beberapa tema, membuat beberapa blog untuk tema-tema tersebut sangat disarankan. Intinya, usahakan membuat satu blog atau membuat satu website anda dengan tema yang spesifik.
Usahakan konten atau artikel blog atau website anda seunik-uniknya dan berkualitas. Anda harus menulis atau membuat sesuatu yang fresh dan jarang blog atau website lain yang mempunyai kualitas isi yang sama.
Jika anda meminta orang lain (webmaster) untuk membuat blog atau membuat website template anda, pastikan webmaster itu bahwa anda menginginkan blog atau website yang SEO friendly. Saya yakin webmaster akan mengerti hal ini.
Jika anda akan menempatkan blog atau website anda di sebuah web hosting provider, pastikan kecepatan akses ke internetnya cepat karena salah satu algoritma Google untuk pencariannya adalah cepatnya akses ke blog atau website.
Pelajari teknik SEO Google Dasar sebelum anda memulai membuat blog atau membuat website. Hal ini perlu karena melakukan SEO yang baik adalah melakukannya sebelum blog atau website dibuat.
Pilihlah domain atau nama URL dan judul blog anda sesuai dengan tema blog atau website yang anda akan buat.
Jangan menggunakan cara-cara membuat blog atau membuat website hanya copy dan paste (copas) content website lain karena Google akan menempatkan posisi anda jauh di daftar pencariannya (SERP).
Jangan pernah berpikir instan kalau blog atau website anda akan dengan cepat dikunjungi banyak visitor dan menghasilkan uang dengan sekejap. Isi saja terus-menerus blog anda dengan cara membuat posting yang isinya berkualitas karena pengunjung akan kembali lagi jika mereka menemukan sesuatu yang menarik.
Daftarkan blog anda di directory dmoz.org.
Bersosialisasi dengan cara-cara melakukan share blog atau website anda melalui Facebook (jika bisa membuat Facebook Page untuk bisnis online di Facebook), Twitter, Digg atau blog walking (mengunjungi blog lain) dan memberikan komentar yang berkualitas di blog tersebut.
Lakukan perubahan-perubahan teknik SEO Google yang diperlukan agar blog atau website anda Search Engine Optimization friendly.
Referensi cara membuat blog sudah banyak tersedia di internet yang sangat variatif. Mulai dari teknik cara membuat blog di Blogspot/Blogger sampai dengan WordPress. Dari teknik cara membuat blog sederhana sampai harus merubah tampilan melalui CSS. Bahkan ada cara membuat template atau theme blog. Setiap referensi cara membuat blog yang menjadi ide anda untuk anda terapkan ke blog, lebih baik cari dan bandingkan beberapa referensi agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Mempercantik blog ketika membuat blog memang menjadi sesuatu yang menyenangkan. Biasanya akan banyak widget atau icon yang ditambahkan ke blog. Hal ini bisa menambah kekuatan SEO blog atau bisa juga memperlemah SEO blog. Mempercantik blog juga harus memperhatikan efek yang akan timbul.

Setelah membuat blog, mempromosikan blog juga harus dilakukan dengan cara dan metode yang wajar. Jika anda menginginkan blog anda mudah dicari melalui search engine seperti Google, maka teknik SEO adalah teknik yang harus dipelajari dan diimplementasikan ke dalam blog. Oleh karena itu cara-cara membuat blog yang SEO friendly agar blog mudah dicari di search engine menjadi suatu keharusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar