Senin, 26 Maret 2012

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan tindakan awal untuk membantu penderita yang mengalami kecelakaan atau musibah. Berikut ini adalah langkah dasar untuk membantu dan meringankan rasa sakit penderita.

A. Tersedak Makanan
    Untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita yang mengalami tersedak makanan, maka lakukanlah hal-hal sebagai berikut.
    Peluklah pinggang penderita dengan dua tangan dari belakang,. Usahakan tubuh bagian atas penderita menggantung kedepan. Kepalkan salah satu tangan anda dan tekanlah pada perut bagian atas, bagian bawah tulang iga, dan di atas pusar. Kemudian tarik kepalan tangan itu kebagian tas. Ulangi beberapa sampai makanan itu keluar.

B. Membantu Denyut Jantung
   Apabila penderita mengalami kecelakaan yang mengakibatkan denyut jantung berhenti berdenyut, maka lakukan hal-hal sebagai berikut.
Sebelum ditekan, dada penderita hendaknya dilakukan pengurutan segera setelah jantung berhenti berdenyut. Tekanlah bagian paling bawah dada penderita dengan telapak tangan yang ditumpuk. Tekanlah sampai sedalam 5 cm dan diulang penekanan itu sampai 60 tekanan per menit.

C. Shock/ Terkejut
Penderita shock atau terkejut dapat diketahui melalui wajahnya yang pucat, badannya dingin dan berkeringat, napas memburu, terkadang diikuti dengan jantung yang berdebar-debar.Untuk mengatasi penderita shock atau terkejut ini, baringkan penderita dengan posisi kaki lebih tinggi daripada kepala. Berikan  minuman hangat pada penderita, dapat pula ditambah gula dan garam apabila penderita dalam keadaan sadar.

D. Menghentikan pendarahan
Pendarahan dapat dihentikan dengan cara menekan disekitar luka. Apabila luka terlalu lebar maka daerah sekitar luka harus ditekan terus-menerus. Posisikan bagian yang luka lebijh tinggi daripada kepala. Untuk menghentikan darah dari luka sekitar telapak tangan dan jari-jari tangan, tekanlah nadi di p[ergelangan tangan. Luka di lengan, tekanlah nadi pada ketiak penderita,. Apabila luka terdapat dileher atau kepala bagian belakang, tekanlah nadi pada leherdi bawah telinga.  Sedangkan nadi di samping kepala tepat di depan telinga untuk menghentikan pendarahan di kulit bagian atas kepala. Apabila luka diwajah, tekanlah Nadi dibawah rahang bawah. Untuk menghentikan pendarahan dapat pula digunakan sapu tangan yang diikatkan pada kaki atau lengan penderita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar