Selasa, 17 April 2012

Pengertian Danau



Danau merupakan sifat rupa bumi (atau sifat fisik) yang berbentuk badan air pedalaman yang bukan sebagai lautan, yang lebih besar dan dalam dibandingkan kolam, airnya mengalir perlahan namun tidak selalu, ditempatkan di bawah Cekungan (satu lagi fitur-fitur rupa bumi) dan disalurkan oleh sungai.

Danau-danau alami biasanya ada di daerah pegunungan, zona rengkahan, dan daerah yang baru atau sering mengalami pengglasieran. Danau-danau lain pula ditemukan di Cekungan endoreik atau sepanjang aliran sungai matang. Di beberapa tempat di dunia ada banyak sekali danau efek pola pengurasan camuk yang ditinggalkan dari Zaman Es yang lalu. Semua danau hanya ada sementara sepanjang skala waktu geologi, karena lambat-laun danau akan ditimbun endapan atau tumpah keluar dari Cekungan yang menakungnya.
Kebanyakan danau di Bumi berisi air tawar, dan terletak di daerah garis lintang tinggi di Belahan utara. Lebih 60% danau di dunia ini terletak di Kanada karena sistem pembuangan berserabut yang mendominasi wilayah negara ini.

Finlandia dikenal sebagai Tanah Seribu Danau, (sebenarnya ada 187,888 buah danau Finlandia, 60.000 dari adalah besar), sementara negara bagian Minnesota di Amerika Serikat pula bergelar Tanah Sepuluh Ribu Danau.

Kebanyakan danau ini ada pembuangan keluar alami yang berbentuk sungai atau anak sungai, tetapi ada juga danau tanpa pembuangan keluar, sebaliknya hanya kehilangan air melalui penguapan atau tirisan bawah tanah atau keduanya. Danau-danau seperti ini merupakan danau endoreik.


Banyak juga danau buatan manusia yang dibangun untuk tujuan pembangkit tenaga listrik, tujuan rekreasi, petunjuk industri atau pertanian, atau pasokan air setempat.

Di luar bumi juga terbukti adanya danau; "bukti definitif adanya danau-danau berisi metana" diumumkan oleh NASA menurut pantauan Prob Cassini di bulan Titan yang mengorbit planet Saturnus.

Di seluruh dunia, jumlah danau jauh diatasi jumlah kolam: dari sekitar 304 juta kelompok air diam di seluruh dunia, 91% darinya seluas 1 hektar (2.5 ekar) ke bawah. Danau kecil ini melebihi danau besar dari segi jumlah: dari segi luas, sepertiga kelompok air diam di dunia adalah danau dan kolam berukuran 10 hektars (25 hektar) ke bawah. Namun, danau besar banyak sangat kontribusinya kepada luas air diam, yaitu 122 buah danau besar seluas 1.000 kilometer persegi (390 mil persegi, 100,000 ha, 247,000 hektar) atau lebih yang menjadi 29% dari jumlah air diam daratan di Bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar