Selasa, 17 April 2012

Etika menggunakan tablet di tempat umum

Kurang dari dua tahun sejak Apple meluncurkan iPad, komputer tablet kini semakin populer dan banyak digunakan. Banyak orang yang terlihat menggunakan tablet di transportasi umum.


Memiliki tablet pun kini dianggap melek teknologi. Meski begitu, tetap ada etika yang perlu dijaga ketika Anda menggunakan tablet, sehingga tidak terkesan norak. 

Kalau mampu memiliki tablet, tentu Anda juga mampu menaati adab yang berlaku, bukan? Berikut merupakan sejumlah etika yang harus diingat saat Anda menggunakan tablet.

Siap Hadapi Tatapan Mata Orang Lain
Cobalah bersikap cuek. Anggap saja menggunakan iPad di kendaraan umum seperti busway merupakan kewajaran. Tapi tentu saja jangan berlebihan ketika menggunakan iPad.

Mengecek email di iPad tentu hal wajar. Tapi hindari teriak histeris ketika asyik bermain "Angry Birds" di dalam busway. Tentu itu akan membuat tatapan ke Anda semakin bertambah, tentu saja tatapan sinis yang berpikir Anda norak.

Hindari Bersikap Angkuh
Jangan sombong ketika ada orang yang mencoba bertanya kepada Anda mengenai tablet yang Anda gunakan. Apalagi jika Anda menggunakan tablet selain iPad, yang tidak biasa terlihat. Tentu pertanyaan mengenai harga dan spesifikasi dari orang-orang yang penasaran akan wajar kalau terlontar dari orang di samping Anda. 

Jauhkan Hal Memalukan
Masih ingat kejadian Arifinto, anggota DPR dari Partai Keadilan Sejahtera. Kalau ingat, tentu Anda tidak ingin seperti Arifinto yang tertangkap kamera sedang melihat situs porno saat rapat paripurna DPR dari tabletnya. 

Karena itu, penting juga bagi Anda untuk sekali-kali membersihkan history. Jadi, Anda akan terhindar membuka situs yang tidak layak dibuka di tempat umum, yang tentu saja akan memalukan Anda.

Jangan Nyalakan di Bioskop
Layar tablet Anda yang menyala di ruangan gelap tentu akan mengganggu orang lain. Cobalah tahan kebiasaan mengecek tablet, setidaknya selama 120 menit ke depan. Belajarlah menghargai orang lain dibanding menuruti kebiasaan Anda.

Hindari Asyik Bertablet Saat Rapat
Tablet seperti iPad tentu bisa membantu Anda dalam melakukan presentasi di rapat. Tapi, jika Anda asyik bermain iPad dan tidak mendengarkan orang yang sedang berbicara di hadapan Anda, tentu itu bukan sikap yang layak dan dianggap tidak sopan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar