Minggu, 01 April 2012

Trik Mengemudi ke Puncak Saat Liburan

Pada saat musim liburan, Puncak merupakan tujuan bagi warga Jakarta yang ingin berwisata. Umumnya orang ke puncak dengan mengendarai mobil. Nah bagi anda yang ingin berlibur ke puncak dengan mobil, tentunya membutuhkan keahlian, karena jalan menuju puncak cukup berkelok dan banyak tanjakan dan turunan. Jika tidak siap, bukan jadinya liburan malah kecelakaan yang didapat.

Perlu persiapan yang matang bagi anda yang ingin berlibur ke puncak terutama bagi yang mengendarai mobil. Kondisi harus prima, dan mobil tentunya juga harus siap pakai, baik itu rem ataupun mesin lainnya sudah diservice sebelumnya.

Mesin yang prima dan kecakapan dalam mengendari sangat diperlukan terutama pada saat macet di daerah tanjakan, pastikan rem berfungsi dengan baik. Untuk daerah turunan pastikan Anda juga menggunakan engine brake selain menggunakan rem biasa.

Selain itu, Anda harus berhati-hati karena cuaca di daerah puncak tergolong sering hujan, kondis lampu dan kelistrikan harus berfungsi dengan baik.

Pada saat menyalip kendaraan pastikan Anda tahu kondisi jalan di depan terlihat dan aman. Hindari menyalip pada tikungan tajam atau blind spot. Dan kurangi kecepatan pada saat menikung.

Jika macet terlalu lama dan panjang, Anda bisa mematikan mesin mobil.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar