Kamis, 12 April 2012

Tips Mencegah Terjadinya Kebakaran di Dapur

Tips Mencegah Terjadinya Kebakaran di Dapur

Tips Mencegah Terjadinya Kebakaran di Dapur
Dapur adalah bagian dari rumah yang punya risiko besar mengalami kebakaran. Apalagi bila sang empunya rumah tak menunggui masakannya. Sayangnya, tak banyak orang mempunyai pengetahuan dan kesiapan untuk mencegah timbulnya kebakaran yang tak terkendali. Salah satu hal terpenting adalah menyiapkan pemadam kebakaran yang bisa memadamkan api dari materi yang mudah terbakar, minyak, dan peralatan elektronik.


Bila Anda memiliki alat pemadam kebakaran. Bacalah baik-baik petunjuknya jauh-jauh hari sehingga Anda sudah hafal prosedur penggunaannya luar kepala. Membaca dalam keadaan panik saat musibah terjadi adalah sia-sia.

Menggunakan alat pemadam kebakaran secara benar, ingatlah:
Tarik pin-nya
Arahkan pemadam kebakaran pada pangkal api
Tekan pemantiknya
Gerakkan alat pemadam kebakaran itu dari sisi satu ke sisi yang lain.

Tak punya alat pemadam kebakaran? Minimal Anda harus memiliki karung goni di rumah. Karung goni basah cukup efektif mematikan kebakaran skala kescil. Caranya, cukup menutup api dengan karung goni basah tersebut.

Anda tak memerlukan sebuah alat pemadam kebakaran untuk sebagian besar kebakaran. Misalnya, bila minyak di dalam panci tiba-tiba terbakar, gunakan cempal untuk memasang tutup panci. Tutuplah pancinya, kemudian matikan kompornya.

Bila api dimulai dari dalam oven, matikan oven, tutup pintu oven, dan awasi asapnya. Bila oven tetap berasap dan api membesar mintalah bantuan petugas pemadam kebakaran. Sebagai tindakan preventif, bersihkan oven Anda secara teratur untuk mencegah sisa makanan bertumpuk. Tumpukan sisa makananlah yang paling sering menyebabkan terbakarnya oven.

Jangan gunakan air untuk mematikan api dari minyak. Air akan menyebarkan minyak dan memperluas kebakaran. Caranya, tutup api dengan benda solid yang tahan api atau alat pemadam kebakaran.

Jangan letakkan aluminium foil atau logam lainnya dalam oven microwave kecuali bila benda itu dirancang khusus untuk penggunaan microwave. Logam dapat menimbulkan percikan dan membakar atau melumerkan plastik dari microwave Anda.

Satu hal yang tak boleh Anda abaikan, letakkan kotak P3K di dapur. Kotak ini harus berisi perban, krim luka bakar. Siapkan skenario penyelamatan dari kebakaran bagi keluarga Anda. Setiap orang harus tahu cara mencapai jalan keluar rumah yang terdekat dan aman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar