Kamis, 12 April 2012

Tips Agar Carport Rumah Lebih Aman


Tips Agar Carport Rumah Lebih Aman
Tak jarang bagian luar rumah yang terbuka justru mengundang orang tak dikenal untuk masuk. Maka, tidak perlu heran bila akhirnya banyak orang kerap enggan membangun carport atau lahan parkir mobil secara khusus karena alasan keamanan. 
Sebenarnya, tidak ada yang perlu dicemaskan ketika ingin berniat membuat carport. Asalkan, tahu kiatnya.

Gunakan pintu bersekat
Pintu seperti ini terbilang lebih aman. Selain itu, udara juga leluasa keluar masuk.

Tanaman rambat
Untuk melindungi pandangan, disarankan juga penggunaan tanaman rambat atau pun rumpun bambu. Selain kondisi tanaman yang tinggi dan bisa menghalangi pandangan, rimbunnya dedaunan juga menimbulkan kesan teduh. Kerai bambu ini juga bisa melindungi pandangan dari silaunya sinar mobil di malam hari.

Pergola
Pergola juga sering digunakan untuk penaung carport. Penutup ini biasanya memanjang dari garasi sampai pintu pagar (gerbang). Bahan yang digunakan untuk pergola bisa beragam. Mulai dari kayu, besi, batu, atau beton bisa jadi pilihan. Banyak orang yang menambahkan tanaman rambat di atasnya sebagai unsur pemercantik tapi tentunya tanaman ini membutuhkan perawatan. Bila ingin pergola yang praktis alias tidak terlalu membutuhkan perawatan, Anda bisa mencoba pergola dari beton. Bagian atasnya dilapisi genteng, dengan bentuk atap dua sisi, yaitu memiliki area yang miring ke arah kanan maupun kiri (atap pelana).

Lima meter
Agar bagian tepi atap tidak terlalu rendah atau terlalu dekat dengan tanah, sebaiknya panjang carport tidak lebih dari lima meter. Bentuk pergola dengan atap yang tertutup rapat kerap membuat area di carport menjadi gelap. Untuk penerangan tambahan, Anda bisa menambahkan beberapa lampu downlight. 

Kayu
Bila menyukai kayu-kayuan dan interior rumah banyak menggunakan kayu, Anda bisa menyerasikannya dengan menambahkan unsur kayu pada pergola. Misalnya, lapisi bagian langit-langitnya dengan papan kayu selebar kira-kira lima cm. Kemudian vernislah dengan warna yang disukai, bisa cokelat kekuningan atau cokelat kehitaman.
Pergola dengan bahan masif membuat area carport terbebas dari tetesan air di kala hujan dan panas menyengat di kala siang hari. Dengan demikian, area ini bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, area ini digunakan sebagai perpanjangan teras saat Anda menggelar hajat di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar