Minggu, 08 April 2012

Eadweard J. Muybridge



Eadweard J. Muybridge di google doodle 9 April 2012. Eadweard J. Muybridgemerupakan salah satu pelopor Sinematografi yang berasal dari Inggris keturunan Belanda. Apa itu Sinematografi? Sinematografi adalah gambar bergerak seperti animasi 2 dimensi.



Usaha Eadweard J. Muybridge bermula dari usaha mengabadikan gerak kuda dengan memanfaatkan multi kamera untuk menangkap motion. Eadweard juga pencipta zoopraxiscope, zoopraxiscope adalah sebuah perangkat untuk memproyeksikan gambar bergerak sebelum munculnya kamera film modern saat ini.

Sekita tahun 1872, Seorang mantan Gubernur California Leland Stanford sekaligus seorang pemilik usaha pacuan kuda, memperdebatkan apakah keempat kaki kuda diangkat secara bersamaan selama berlari. Lukisan kuda berlari dengan kecepatan penuh kebanyakan memperlihatkan keempat kaki kuda yang menjorok ke dalam atau keluar secara bersamaan sehingga kelihatan tidak menyentuh tanah.

Gubernur Stanford menyebutnya “unsupported transit“. Gubernur Stanford mengundang Eadweard Muybridge untuk menyelidiki dan menjawab teka-teki itu. Penemuan Muybridge yang menjadi inspirasi bagi Thomas Edison (yang memegang paten untuk kamera film) danPhilip Glass (yang menulis sebuah opera tahun 1982 berdasarkan percobaan pembunuhan Muybridge s).

Saat ini Google.com memperingati Eadweard J. Muybridge dengan mengganti logo google selama sehari di 9 april 2012 menjadi Gambar kuda pacuan berbentuk gambar bergerak (Sinematografi) dan menjadi Google Doodle hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar