Rabu, 07 Maret 2012

Jeruk dan Anggur Merah Kurangi Risiko Stroke


PARA peneliti di Amerika mengklaim bahwa memakan jeruk dan anggur merah dapat mengurangi risiko stroke. Kedua jenis buah tersebut dipercaya melindungi terhadap serangan kemunduran fungsi otak. 

Dalam penelitian disebutkan, kandungan antioksidan dan flavonoid yang melimpah dapat membantu melindungi tubuh dari risiko serangan stroke. Peneliti menguji hubungan dari enam kandungan utama dari flavonoid, yaitu : flavanones, anthocyanin, flavan-3-OLS, polimer flavonoid, flavonol dan flavon. Dari hasil penelitian ditemukan hubungan yang menguntungkan antara konsumsi kandungan flavonoid dan risiko serangan stroke. 

Selain itu terbukti para relawan wanita yang mengkonsumsi jenis buah tersebut secara rutin, memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena stroke. “Kita semua tahu bahwa makan buah segar dan sayuran baik untuk kesehatan kita. Studi ini menunjukkan bahwa makan buah jeruk dan anggur merah khususnya, dapat membantu menurunkan risiko stroke Anda.” Kata Dr Sharlin Ahmed, Research Liaison Officer di Asosiasi Stroke. 

Dikutip dari Dailymail, kandungan flavonoid dalam jeruk terdapat 82 persen, dan anggur merah sebanyak 14 persen. Untuk hasil maksimal lebih baik Anda mengkonsumsi jenis jeruk dan anggu merah dalam kondisi segar, atau diolah menjadi jus tanpa tambahan gula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar