Jumat, 17 Februari 2012

Resep Cara Membuat Jus Sirsak Guava



Di tengah serbuan buah impor yang membanjiri pasar, membuat buah asli Indonesia kadang terlupakan. Salah satu contoh buah yang tergeser popularitasnya ialah sirsak. Padahal, buah yang nenek moyangnya berasal dari Amerika Utara dan Hindia Barat ini patut diperhitungkan, baik dari segi rasa maupun nutrisinya. Sirsak (Anona muricata) yang dalam bahasa Inggris disebut soursop ini dianugerahi rasa dan aroma yang khas. Daging buahnya yang lembut berserat halus memiliki rasa manis asam yang menyenangkan dan aroma yang tajam menggugah.

Buah berdaging putih ini dipercaya berkhasiat peluruh kencing (diuretika), menyembuhkan wasir, mengatasi kegemukan, gangguan jantung dan ginjal. Selain itu, gabungan jus sirsak yang dicampur dengan jambu biji merah yang kaya likopen dan vitamin C, semakin menambah daya afrodisiaknya.

JUS SIRSAK GUAVA

Untuk 2-3 porsi
(waktu persiapan: 10 menit)

200 g sirsak
1 buah jambu biji merah
2 sdm sirup vanili
10 lembar daun mint
500 ml air es

Cara membuat:

Buang biji sirsak dengan garpu, sisihkan dagingnya. Potong-potong jambu biji.
Masukkan sirsak, jambu biji, sirup vanili, daun minta, dan air es ke dalam mangkuk blender.
Proses hingga lembut dan rata. Tuangkan ke dalam gelas saji. Segera hidangkan.

TIPS DAPUR :

Agak sulit menemukan sirsak yang matang di pasaran. Sebab, biasanya sirsak dipetik saat dagingnya masih keras, namun sudah cukup ranum.


Sebaiknya, sirsak diperam dulu beberapa hari dalam suhu ruang (jangan disimpan dalam lemari es). Setelah dagingnya cukup lembut dan baunya harum, sirsak siap diolah.
irsak sangat cocok diolah menjadi aneka minuman, selai, es krim, atau saus puding.

TIP SEHAT:

Sirsak memiliki kandungan vitamin yang lengkap, mineral, protein, juga karbohidrat (pati). Dipuji juga karena kandungan kalsium, zat besi, dan fosfor yang tinggi.

Seratnya yang tinggi sangat baik untuk melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit.
Sumber ; conectique.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar