Sabtu, 21 Januari 2012

Memancing Lebih Banyak Komentar Di Blog

Tidak dapat dipungkiri bahwa komentar di suatu blog biasanya berbanding lurus dengan traffic blog tersebut, sebab tanpa traffic maka mustahil akan ada komentar. Jadi, Anda sebagai pemilik blog mungkin saja berbangga karena traffic blog anda yang“lumayan”. Tapi, walaupun demikian, traffic blog yang tinggi tidak selamanya membuat blog tersebut kebanjiran komentar.
Traffic blog yang disertai dengan meningkatnya komentar sedikit banyak akan memberikan banyak nilai tambah bagi blog anda, entah itu komentar negatif atau positif. Sebaliknya, bila traffic blog anda cukup tinggi namun komentar di setiap kontennya sangat minim, menandakan blog anda kurang diperhatikan, atau jangan-jangan blog anda hanya seperti “halte-bus” di dunia nyata?


Walaupun kekurangan komentar di blog anda tidak selamanya menandakan bahwa konten dalam blog anda tidak berkualitas, tapi anda harus jujur pada diri sendiri bahwa anda butuh komentar, anda butuh respon, dan butuh perhatian… Iya khan?
Nah, untuk menyiasati masalah diatas, dibawah ini ada 6 tips yang “cukup handal” untuk memancing pengunjung, agar mau lebih berkontribusi dalam memberi komentar di setiap blog post yang anda terbitkan.

1. Undang Pengunjung Anda Untuk Berkomentar.

Mengundang pengunjung untuk berkomentar tentunya tidak dilakukan dengan mengirimkan surat undangan, seperti ketika anda mengundang orang lain ke “pesta kondangan“. Yang saya maksud disini ialah mengundang pengunjung dengan menyisipkan kalimat tersirat pada blog post, yang secara tidak langsung memancing pengunjung untuk merespon artikel anda. Contoh: Anggaplah anda sedang menulis satu blog post dengan tema -1001 cara menghasilkan $1000 dalam semalam-. Nah, pada akhir artikel tersebut anda bisa menyisipkan kalimat undangan seperti:
- “Dengan cara diatas, $1000 akan dengan mudah masuk ke kantong anda, jika tidak silahkan masukkan komplain anda pada kotak komentar dibawah!”
- “Bagaimana dengan anda, sudah berapa $$$ yang anda dapatkan?”
- “Menurut anda, cara apakah yang paling efektif?”
- “Bagaimana? Apakah cara diatas cukup membantu anda?”
- dll, menurut kreasi anda.
Contoh diatas memang kelihatannya sepele. Tapi jika dilakukan dengan tepat, disertai konten yang berkualitas, maka akan signifikan dalam menambah partisipasi komentar di blog anda.

2. Membuat Pernyataan Kontroversi Pada Blog Post

Saya yakin hampir semua orang suka dengan hal-hal yang konteroversial. Jadi, anda bisa memanfaatkan hal ini dengan membuat penyataan kontroversi yang diakhiri dengan tanda tanya, sesuai dengan tema postingan blog anda. Tidak menjadi masalah apakah nantinya respon pengunjung positif atau negatif. Yang jelas, mereka mau berpartisipasi dengan memasukkan pendapat di kotak komentar.

3. Atur Moderasi Komentar Semudah Mungkin.

Anda mungkin sudah sering menemukan blog yang memerlukan log-in agar dapat memposting komentar, memerlukan verifikasi kata sebelum memasukan komentar, atau blog yang memilih-milih komentar sebelum ditampilkan. Nah, walaupun anda adalah blogger yang rajin blogwalking, tentu anda akan “malas” berkomentar pada blog seperti ini. Jadi, sebaiknya anda memperhatikan bagaimana membuat pengunjung nyaman mengomentari blog anda. Jika memang ada komentar yang berisi hal kotor atau yang bernada terlalu negatif, lebih baik dihapus secara manual saja.

4. Jangan Terlalu Sempurna.

Menurut pengamatan saya, kebanyakan pengunjung akan lebih senang mengomentariblog-post yang berisi sedikit kelemahan dan kelalaian penulis, daripada blog-post yang hanya mengedepankan kesempurnaan dan Ke-MahaTahuan anda. Nah, tulisan yang berisi kelemahan seperti ini, dapat anda gunakan untuk memancing pengunjung agar mau mengoreksi dan memperbaiki isi blog-post, dengan memasukkan kritik dan saran melalui komentar.

5. Balas Setiap Komentar Di Blogpost Anda.

Usahakan untuk membalas komentar-komentar yang masuk ke blog anda. Selain akan meninggalkan kesan bahwa anda adalah orang yang rendah hati dan “low-profile“, membalas komentar juga akan memancing komentar-komentar berikutnya. Kalaupun anda punya kesibukan dan tidak sempat membalas komentar tersebut, biarkan pengunjung anda tahu akan hal itu.

6. Jika Blog Anda Berpagerank Tinggi, Rubah Atribut Komentar Menjadi “Dofollow”.

Mungkin ini adalah cara yang paling efektif untuk memancing komentar di blog. Perlu diketahui, bahwa sebagian blogger mendedikasikan waktunya, khusus untuk mencari blog-blog dofollow yang berpagerank tinggi. Sudah bisa ditebak, apalagi kalau bukan untuk mencari backlink. Nah, jika blog anda ketahuan oleh blogger tersebut, apapun isi blog anda, dipastikan akan mendapat komentar yang banyak. Cara ini bisa anda lakukan dengan catatan kuantitas kometar bagi anda lebih penting daripada pagerank blog.
Bagaimana? Apakah tips di atas sudah cukup membantu anda? Intinya bagaimana tulisan yang kita buat mampu menarik pembaca untuk terlibat. Jaga perhatian pembaca, gugah perasaannya, dan buat pembaca tergerak untuk memberi komentar. Mungkin pada awalnya akan sulit untuk menunggu komentar, karena itu dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melakukan hal ini.
Semoga bermanfaat !!

Sumber: http://isnuansa.com/memancing-lebih-banyak-komentar-di-blog/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar