Sabtu, 21 Januari 2012

Blogwalking; Arti, Tujuan, Manfaat

Apa arti blogwalking?
Hayoo, siapa yang belum tahu artinya blogwalking? Siapa yang nggak suka blogwalking? Siapa yang datang ke blog ini karena kesasar?
Menurut saya, arti blogwalking adalah sebuah aktivitas yang kompleks, meliputi kunjungan pada satu blog ke blog yang lainnya, membaca postingan [tulisan] blogger lain dan meninggalkan sapaan pada shoutbox atau komentar pada tulisan yang telah dibacanya tersebut [meski bukan suatu keharusan].
Alamat blog yang dikunjungi bisa diperoleh dari daftar blogroll, alamat blog pada kolom
komentar, shoutbox, widget lain seperti mybloglog, search engine, RSS Feed readerdan iklan banner yang ada pada sebuah blog.
Bagi seorang blogger, aktivitas blogwalking ini menjadi sangat penting. Hampir semua blogger melakukannya. Hampir dipastikan, pada umumnya blogger melakukan dua hal terpenting dari ngeblog yaitu: menulis [update postingan] dan dilanjutkan dengan blogwalking.
Tujuan blogwalking antara lain:
1. Mencari Informasi.
Saya biasanya melakukan blogwalking untuk mencari informasi dan kejadian hangat yang sedang berkembang saat itu. Berawal dari sebuah kata kunci yang saya ketikkan di search engine, saya blogwalking menelusuri blog-blog yang menuliskan tentang informasi yang saya butuhkan tersebut.
Jika saya membutuhkan informasi tentang dunia blogging, saya sangat senang jika menemukan sebuah blog yang memasang plugin related post. Dengan adanya post-post sejenis yang disuguhkan dalam sebuah blog, itu akan menghemat waktu saya dalam blogwalking.
2. Sekedar Bersosialisasi.
Beberapa blogger melakukan aktivitas blogwalking untuk sekedar bersosialisasi. Menyapa teman-temannya melalui fitur shoutbox. Menunjukkan bahwa dirinya masih secara rutin berkunjung ke ‘rumah’ teman-temannya.
Menjalin hubungan yang baik dengan blogger lain merupakan salah satu hal yang musti kita lakukan. Komunikasi menjadi sangat penting, dan salah satunya bisa kita lakukan dengan blogwalking.
3. Mempromosikan Blog Baru.
Blogwalking menjadi sarana yang sangat efektif untuk memperkenalkan keberadaan blog baru yang kita miliki. Dengan meninggalkan jejak [alamat blog] kita pada blog yang telah lebih dahulu ada, membuat kita memiliki kemungkinan untuk dikunjungi balik oleh pemilik blog dan ditemukan juga oleh pengunjung lain blog tersebut.
4. Mengharapkan Kunjungan Balik dan Komentar.
Blogger melakukan aktifitas blogwalking sebagai sebuah usaha untuk mendapatkan kunjungan balik dan juga komentar pada postingan yang telah mereka tulis.
Dengan mengunjungi lebih banyak lagi jumlah blog dalam blogwalking, mereka berharap blogger yang telah dikunjungi dapat meluangkan waktu mereka untuk melakukan kunjungan balik.
5. Menambah Jaringan.
Daftar blogroll yang kita miliki, sedapat mungkin jangan sampai menghalangi jumlah blog yang kita kunjungi dalam blogwalking. Blogwalking dapat memperluas jaringan yang kita miliki. Caranya dengan mengklik link yang terdapat pada blogroll blog lain, sehingga jaringan kita dapat bertambah luas.
6. Menjalankan Bisnis.
Ini mungkin ada hubungannya dengan point nomer 5. Dalam menjalankan bisnis, terutama yang dibutuhkan adalah jaringan. Tentu tidak bisa langsung melakukan hard selling begitu saja: menawarkan produk setiap saat. Akan lebih baik jika kita telah memiliki kepercayaan dari jaringan yang telah dimiliki, baru melakukan bisnis dengan jaringan tersebut.
Dari pengalaman saya blogwalking ke beberapa blog, saya merasakan setidaknya ada dua manfaat besar yang saya peroleh.
Manfaat blogwalking yang saya rasakan:
1. Menemukan Blog Bagus.
Banyak blog bagus yang saya temukan dari blogwalking. Biasanya saya akan segera memasukkan alamat blog bagus tersebut ke dalam feed reader saya. Supaya ketika mereka melakukan update, saya bisa segera mengetahuinya.
Aktifitas blogwalking membuat saya dapat mengambil manfaat dan ilmu yang ditulis oleh blogger lain. Jika ada yang bagus, saya dapat mengadopsi atau meniru ilmunya.
2. Personal Branding.
Usahakan untuk meninggalkan komentar yang berkualitas. Hal ini akan memberikan personal branding yang baik pada diri kita. Jika kita hanya meninggalkan komentar yang sembarangan dan seadanya, tentu blogger lain juga berpikir bahwa kita adalah orang yang sembarangan dan biasa-biasa saja.
Mungkin itu yang dapat saya tuliskan tentang blogwalking. Memang seperti sebuah hal sepele, ngapain sih, nulis arti blogwalking? Tetapi mungkin ada sedikit gunanya untuk blogger yang baru memulai aktifitas ngeblognya.
Ada yang mau menambahkan?
Sumber: http://isnuansa.com/blogwalking-arti-tujuan-manfaat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar