Senin, 11 Juni 2012

10 Cara Agar Cepat Dapat Promosi Jabatan [part.1]

[imagetag]
Sebagai bos yang profesional, tentunya ia akan bersikap tegas dengan karyawannya mengenai tanggung jawab pekerjaan yang diberikan. Namun bukan berarti ia akan menanyakan beberapa hal lebih lanjut tentang karyawannya di luar profesionalitasnya sebagai atasan. Seperti dikutip dari Womans Day, berikut beberapa topik yang enggan ditanyakan bos kepada Anda.

1. Perhatikan Keseharian Anda di Luar Kantor
Saat di kantor, mungkin bos tidak selalu memperhatikan gerak-gerik bawahannya secara detail. Meskipun demikian, bukan berarti karyawannya bisa semena-mena untuk tidak bersikap profesional. Tanyakanlah pada diri sendiri, apakah ingin bos selalu membaca keluh kesah serta curhatan setiap kali Anda memposting di situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Seorang President of Factor in Talent di sebuah perusahaan konsultan yang berbasis di Massachusetts, Edith Onderick Harvey mengatakan, "Hati-hatilah untuk soal akhir pekan. Jika tidak, mungkin saja atasan akan melihat Anda kurang profesional dan hal tersebut akan memengaruhi dia menghargai Anda sebagai karyawannya."

2. Sikap Anda Sama Pentingnya dengan Pekerjaan
Suka atau tidak, politik kantor memang menjadi bagian dari keseharian kerja, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Onderick Harvey mengatakan bahwa, "seorang manajer di kantor mungkin tidak akan memberitahukan kepada Anda bahwa pekerjaan yang diperintahkan merupakan tanggung jawab Anda yang harus diselesaikan secepatnya." Jadi maksudnya yaitu tanpa harus disuruh, tanpa harus dikatakan, Anda harus sadar dan inisiatif sendiri.

Perilaku, sikap dan sifat Anda ibarat sama pentingnya dengan pekerjan. Oleh karena itu, bersikaplah sopan dan santun, karena jika bersikap kasar atau tidak menyenangkan, dapat menyulitkan Anda untuk mendapatkan promosi dari atasan.

3. Jangan Takut Berbicara
Jangan takut untuk membuat diri Anda didengar oleh orang lain, baik itu dengan atasan atau rekan kerja lainnya. "Para karyawan yang berharga selalu tidak pernah takut untuk mengambil inisiatif," kata Patty Briguglio, seorang President of MMI Public Relations di California Utara.

"Saya suka memiliki karyawan yang tidak takut menunjukkan kepribadiannya. Saya tidak ingin seseorang yang hanya diam dan berada di belakang meja kerja saja," tambahnya. Jadi jika Anda menginginkan promosi, berusahalah untuk selalu memberikan opini dan memiliki inisiatif. Biarkan atasan Anda tahu apa yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan.

4. Perhatikan Kemauan Pimpinan
Jika tidak yakin apakah si bos lebih suka berkomunikasi dalam rapat atau justru menyukai komunikasi lewat telepon, sms, maupun e-mail, jangan ragu untuk bertanya langsung padanya. Cara ini akan menunjukkan bahwa Anda adalah karyawan yang memiliki inisiatif. Setelah mengetahuinya, Anda akan bisa menyesuaikannya lebih lanjut. Misalnya, jika atasan lebih suka berkomunikasi dengan karyawannya melalui e-mail, maka sebaiknya tidak mendorongnya untuk selalu berkomunikasi dengan Anda secara langsung.

5. Miliki Motivasi
Saat Anda berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan atau proyek besar bersama tim atau rekan kerja, jangan lupa untuk mengucapkan ucapan selamat pada tim Anda melalui e-mail. Anda juga perlu CC hal tersebut kepada bos. Cara tersebut membantu Anda untuk mengirimkan review atau laporan dari proyek yang sudah terselesaikan dengan baik.
#ad2fcb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar