Minggu, 15 April 2012

Tips Perawatan Marmut

Dihabitat aslinya, marmut hidup digua dan liang tanah, dan menghabiskan hampir semua waktunya kesana kemari untuk mencari makanan. Memelihara marmut dalam kandang bukan berarti mengurungnya dari kehidupan bebas. Justru hidup dalam kandang akan memberikan marmut anda hidup leluasa, mendapatkan cukup sinar matahari dan menghirup udara setiap hari.
Ukuran kandang standar minimum bagi marmut sebaiknya memiliku ukuran 91x61x45 cm. dan untuk ukuran keliling kandang sebaiknya 4-5 kali panjang marmut ketika sedang berbaring. Jika anda ingin memelihara lebih dari satu ekor marmut, akan membutuhkan ukuran kandang yang lebih besar.
Kandang marmut harus ditempatkan pada posisi yang tersembunyi dan bebas dari sinar matahari secara langsung .temperatur yang ekstrim dapat menyebabkan stress, yang bisa mengakibatkan ketidaknyamanan bahkan penyakit. Sebaiknya letakkan kandang marmut di atas batu bata atau alas untuk menghindari lembab selama musim hujan. Pastikan bagian atapnya melandai, dari bahan anti air dan sedikit miring untuk menghindari supaya marmut tidak lepas, atau menjadi mangsa hewan seperti kucing.

Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan alas kandang harus dijaga sehingga tetap kering dan bersih, sehingga marmut merasa nyaman serta tetap hangat dimalam hari. Kandang harus dibersih secara teratur, ini penting terutama pada saat suhu lebih hangat, untuk mencegah lalat datang dalam kandang. Pada musim dingin, tempat tinggal marmut bisa menjadi lembab dan berjamur bila tidak dibersihkan.

Menggunakan Spray Pembersih

Gunakan Spray pembersih yang bisa menghilangkan bau, kuman-kuman dan bakteri yang merugikan marmut. Pakai Spray pada bagian alas dan bagian dalam kandang supaya kandang marmut tetap bersih sepanjang waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar