Senin, 16 April 2012

JENIS ANEMIA PADA ANAK



Dalam kondisi normal, butir-butir darah merah mengandung hemoglobin, yaitu sel darah merah yang bertugas membawa oksigen serta nutrisi ke otak dan ke berbagai jaringan dan organ tubuh.

Saat seseorang menderita anemia, maka jumlah sel darah merah secara keseluruhan atau jumlah hemoglobin dalam darah merah berkurang. Kondisi ini berdampak pada penurunan kemampuan sel darah merah membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh kurang mendapat pasokan oksigen, yang menyebabkan tubuh lemas dan cepat lelah.

Penyebab

Penyebab utama seseorang mengalami anemia, adalah kekurangan zat besi.Kondisi ini tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan melalui beberapa tahapan. Mula-mula, simpanan zat besi dalam tubuh menurun, hingga mengurangi produksi hemoglobin dan sel darah merah secara perlahan.
Pada anak-anak, anemia terjadi akibatinfeksi cacing tambang, malaria, atau pun disentri yang menyebabkan kekurangan darah yang parah. 


Selain kekurangan zat besi, masih ada dua jenis lagi anemia yang sering terjadi pada anak-anak.

Aplastic anemia terjadi bila sel yang memproduksi butir darah merah (pada sumsum tulang belakang) tidak berfungsi baik. Hal ini dapat terjadi karena infeksi virus, radiasi, kemoterapi atau sebagai dampak dari penggunaan obat tertentu. 

Haemolytic anemia, yang terjadi ketika sel darah merah hancur secara dini, lebih cepat dari kemampuan tubuh untuk memperbaruinya. Penyebabhaemolytic anemia ini bermacam-macam, bisa bawaan seperti thalasemiaatau sickle cell anemia. Pada kasus lain, seperti misalnya reaksi atas infeksi atau obat-obatan tertentu, sel darah merah dirusak oleh antibodi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar