Minggu, 15 April 2012

Cara Melatih Anjing

Penghobi pemula sering mengeluh, karena sulitnya menjadikan anjingnya penurut dan cepat akrab dengan majikan baru. Apalagi jika tidak memakai tenaga pelatih, pasti akan lebih meropotkan. Nah, dibawah ini saya akan memberikan solusinya, tentang bagaimana “menundukkan” melatih Anjing sendiri. Penghobi  cukup melatih sendiri.



Memberikan Kasih Sayang
  1. Kasih sayang adalah modal yang paling penting, untuk membuat agar anjing itu menjadi patuh dan membalas kasih sayang majikannya. Saat pertama kali berkenalan dengan anjing, calon majikan wajib memegang, mengelus kepala atau menepuk dagu dan dada anjing yang akan dibelinya. Cara ini akan memudahkan penghobi agar cepat akrab dengan anjing itu. Anjing memiliki naluri atau insting yang cukup kuat. Bahkan instingnya lebih tajam dari manusia. Jika dia diperlakukan seperti itu, nalurinya akan mengatakan bahwa dia telah mendapatkan kasih sayang dari orang yang belum dikenalnya itu.
  2. Begitu pula jika anjing itu sudah menjadi salah satu anggota keluarga di rumah kita. Sebaiknya kita lebih sering menegur atau memanggil namanya dalam setiap kesempatan. Baik itu saat akan berangkat kerja atau ketika pulang. Jika anjing memberikan respon dengan gonggongannya, anda harus mengelus kepalanya, menepuk dagu atau dadanya. Jika ekor mengibas-ngibaskan ekornya, berarti dia dalam keadaan bahagia. Lebih baik lagi, jika anda selalu membawa makanan kecil bisa berupa roti, irisan daging dan lainnya.
  3. Biasakan juga anjing menenal masing-masing anggota keluarga, orang-orang dekat atau tamu dirumah anda. Caranya adalah dengan memperkenalkan nama anjing itu pada orang-orang yang dikenal keluarga itu, sehingga setiap orang yang bisa datang di tempat itu akan memanggil namanya setiap kali ketemu.
  4. Sering mengajaknya berjalan-jalan, agar anjing itu merasa terlindungi meskipun  berada diluar lingkungan rumah. Sebaliknya, dia akan marah jika melihat ada orang yang mencoba mengusik majikannya.


Pelatihan
Setiap kali akan melakukan pelatihan dasar pada anjing, usahakan anjing itu makan atau memberikan sesuatu yang membuat dia senang.
  1. Latihan anjing duduk. Langkah pertama adalah dengan cara menekan bagian punggung bawah dengan lembut. Setiap kali melakukan itu ucapkan kalimat perintah untuk duduk. Jika anjing sudah menuruti perintah dan bisa duduk dengan tenang, berikan dia pujian dan memberikan makanan ringan.
  2. Latihan anjing buang air. Sering kita direpotkan oleh anjing kita yang berak di sembarang tempat. Jikan mengetahui anjing berak di tempat yang bukan tempatnya, ambil kototan itu lalu perlihatkan padanya, lalu buang ditempat yang kita kehendaki. Jika dilakukan berulang,rulang, anjing akan mengerti dan menuruti kemauan kita.
  3. Latihan anjing Mengenali tamu. Setiap kali bel rumah berbunyi berarti ada tamu, perintahkan anjing untuk menggonggong . jika tamu itu orang yang kita kenal, cepat-cepat kita perintahkan anjing untuk berhenti menggonggong dan menjauh dengan ucapan ramah. Anjing itu pasti bisa membedakan setiap tamu yang datang bertamu ke rumah kita.
Catatan:
Biasanya untuk anjing yang masih berumur 4-7 bulan, masih memiliki sifat-sifat nakal. Misalnya suka menjatuhkan benda-benda di rumah, merusak sofa, mengambambil makanan di meja makan dan lainnya. Jika mengetahui itu, anda siapkan gulungan kertas Koran sebagai alat pemukul pada anjing. Dengan demikian, anjing akan menyadari bahwa apa yang salah, dan juga tidak merasa disakiti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar