Selasa, 20 Maret 2012

Sejarah pesawat terbang

Sejak pertama kali melihat burung, manusia sudah berpikir bagaimana caranya burung itu terbang. Pada dahulu kala manusia sudah banyak melakukan percobaan terbang seperti halnya burung yang bisa dengan mudah terbang di udara. Percobaan itu dilakukan dengan cara mengikat bulu-bulu disepanjang tangan lalu dikepak-kepakkan seperti halnya burung terbang tapi tentu saja ini tidak akan berhasil.
Penerbangan pertama yang berhasil dilakukan adalah dengan menngunakan balon udara yang ditemukan seorang berkebangsaaanPerancis bernama Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier terjadi pada tahun 1782. Sebuah balon yang dipompa dengan udara, awalnya udara yang dipompakan berupa hidrogen tapi karena hidrogen mudah meledak maka kemudian diganti helium. Penggunaan balon terbang terorganisir diketahui dari saat pengepungan Paris di tahun 1870 untuk mengirim kurir dari kepungan tersebut. Saat itu dikirimkan 60 balon. Salah satu balon tersebut, Ville de OrlĂ©ans, melenceng dari jalur dan tiba di sekitaran Lifjell, Telemark. Tetapi kekurangan balon udara ini adalah tidak bisa kita kita kendalikan sesuai arah keinginan kita karena sangat tergantung kemana angin bertiup.
Pesawat terbang pertama adalah pesawat terbang layang tanpa mesin dan sulit dikontrol terbang dari tempat yang tinggi meluncur ketempat yang lebih rendah. pesawat ini ditemukan oleh Sir George Cayley pada tahun 1853. Kemudian pada tahun 1903 di Amerika Serikat Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wrightdengan menggunakan pesawat rancangan sendiri yang dinamakan Flyerterbang diudara setinggi 36 meter selama 12 detik . Selanjutnya Wright bersaudara membuat pesawat dengan 12 mesin tenaga kuda buatannya sendiri. Sayap pesawat  tersebut panjangnya 12 meter terbuat dari kayu dilapisi kain katun.
Pada tahun 1908 Wright bersaudara berhasil membuat pesawat yang mampu terbang selama satu jam lebih. Dan pada tanggal 17 september 1908 kecelakaan pertama terjadi dalam dunia penerbangan. Pesawat buatan Wright bersaudara jatuh dari ketinggian 22 meter karena kerusakan pada baling-balingnya. Kecelakaan ini menewaskan seorang letnan militer amerika  yaitu letnan Thomas E. Selfridge, yang menumpang bersama Orville Wright untuk mencoba pesawat itu buat kepentingan militer. Namun Wright tidak menyerah sehingga pada tahun 1909 mereka mendapat kontrak militer untuk membuat pesawat militer untuk pertama kalinya. Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris tahun 1910. Kemudian Calbiath Rodgers yang terbang dari Sheepsheadbay New York hingga Long Beach California selama 84 kali penerbangan. Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.. Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar