Selasa, 06 Maret 2012

Minuman Sari Kulit Manggis Cegah Kanker dan Sembuhkan Stroke


Peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatra Barat Kasma Iswari mengungkapkan temuan bahwa minuman kesehatan yang dibuat dari sari kulit buah manggis dapat mencegah tumbuhnya kanker dan tumor. 

Menurut dia di Arosuka, Selasa (6/3), kulit buah manggis memiliki kandungan zat xanthone yang cukup banyak. Itu merupakan molekul besar yang terdiri dari berbagai komponen super antioksidan, misalnya alpha-Mangostin, Garcinone A, beta-Mangostin, dan sebagainya. 

Antioksidan itu diperlukan tubuh untuk mencegah kerusakan akibat serangan radikal bebas melalui perlindungan terhadap protein, sel, jaringan, dan organ-organ tubuh. 

"Xanthone juga terbukti untuk menetralkan radikal bebas. Selain itu juga mempunyai sifat sebagai antikanker, antiinflammatory, antimikroba, antialergi, menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula, serta dapat menyembuhkan stroke," katanya. 

Menurut dia, dengan adanya temuan ini setidaknya bisa membantu masyarakat, terutama untuk mencegah pertumbuhan penyakit tersebut. 

Pada 2005, BPTP Sumbar melakukan penelitian minuman yang dibuat dari bahan baku kulit buah manggis dengan melibatkan setidaknya 40 tenaga ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar