Rabu, 07 Maret 2012

Menurunkan Tekanan Darah dengan Berenang


RENANG merupakan salah satu jenis olahraga yang menyenangkan. Bukan hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar, ternyata renang juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menurunkan tekanan darah. 

Dalam penelitian yang dikutip dari Wall Street Journal, dikatakan bahwa berenang dapat mengurangi tekanan darah dan menaikkan kesehatan pembuluh arteri pada orang dewasa. 
Penelitian tersebut dilakukan dengan merangkul 43 relawan Texas yang berusia 50-80 tahun yang dibagi ke dalam dua kelompok. 

Kedua kelompok tersebut diberikan latihan renang selama 12 minggu sebagai terapi. Dalam kelompok pertama diberikan latihan renang selama 15-45 menit selama 3-4 hari setiap minggu. Sedangkan untuk kelompok lainnya hanya mendapatkan latihan peregangan dan juga relaksasi. 

Dari hasil penelitian disebutkan, tekanan darah sistolik pada kelompok pertama mengalami penurunan sebanyak 7 persen. Selain itu pembuluh arteri mereka juga menunjukan tanda-tanda lebih elastis dan responsif terhadap perubahan aliran darah. Sedangkan pada kelompok kedua, hasil menunjukkan tidak adanya perubahan tekanan darah secara signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar