Sabtu, 10 Maret 2012

Menciptakan taman mini yang cantik dengan terrarium


Walaupun memiliki rumah mungil, kita masih tetap bisa memiliki taman yang indah dengan terrarium. Terrarium adalah taman kecil yang diletakkan didalam aquarium/wadah kaca lainnya. Terrarium memberikan kesegaran suasana luar didalam rumah. Selain sangat mudah merawatnya, terrarium juga sangat mudah membuatnya. Biayanya berkisar antara 50rb-100rb. 

Berikut beberapa tips pembuatannya. 

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan: Wadah kaca (bisa menggunakan toples bekas,dll) (30rb), batu koral ukuran sedang (15rb), arang, tanah humus (10rb), pasir/koral kecil sbg penutup tanah bagian atas (15rb), koran sebagai alas kerja dan sekop kecil/sendok bekas sebagai alat bantu. Sarung tangan karet jika akan menggunakan kaktus. 

2. Pililah tanaman yang mudah perawatannya seperti kaktus dan succulent. Tanaman semak yg tidak dapat tumbuh tinggi juga baik untuk digunakan. Harga tanaman berkisar Rp. 5.000/pot kecil. 

3. Hal yang pertama dilakukan adalah mengisi wadah kaca dengan koral sedang setinggi 2 – 3 cm. Koral ini berfungsi sebagai penahan kelebihan air karena terrarium justru hanya perlu dibasahi seminggu sekali. 

4. Yang berikutnya adalah mengisi dengan arang yang dilanjutkan dengan tanah humus setebal 2 – 3cm 

5. Sebelum menyusun tanaman didalam wadah, susunlah terlebih dahulu diluar. Setelah pasti dengan susunannya, pindahkan satu persatu dimulai dari area tengah ke pinggir. Buat sedikit lubang ditanah untuk tempat akarnya, baru masukkan tanamannya. Lakukan dengan tanaman seterusnya. Setelah selesai rapihkan akar-akarnya. 

6. Terakhir, taburi bagian atas tanah dengan koral kecil/pasir. Sebagai hiasan, beberapa orang senang memberikan patung kecil atau hiasan binatang seperti kodok/kadal. Bahkan beberapa orang meletakkan mainan dinosaurus sebagai hiasan tarrarium yang bisa diletakkan didalam kamar anak-anak. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar