Rabu, 15 Februari 2012

MENGOBATI JERAWAT DENGAN ASI



Kabar baik bagi para remaja yang seringkali mengeluh tentang sulitnya mengobati jerawat! Baru-baru ini sekelompok peneliti Amerika menemukan bahwa salah satu komponen ASI, yaitu asam laurat, memiliki efek dalam memerangi jerawat. Asam laurat yang banyak terkandung di dalam minyak kelapa dan minyak kernel kelapa sawit, juga dipercaya memiliki efek antimikroba. Efek tersebutlah yang digunakan untuk membasmi jerawat yang disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Selain ditemukan di dalam ASI, ternyata asam laurat juga dapat ditemukan di dalam susu sapi dan susu kambing.


Menariknya, pengobatan jerawat dengan menggunakan bahan dasar asam laurat ini tidak memiliki efek samping, berbeda dengan obat jerawat lain yang umumnya memiliki efek samping kemerahan dan rasa terbakar pada wajah. Penelitian dilakukan oleh Dissaya Pornpattananangkul, seorang mahasiswi bioengineering postgraduate berasal dari University of California yang secara tidak sengaja melakukan penelitian yang melibatkan asam laurat, yang merupakan bahan alami yang juga terkandung pada minyak kelapa. Selain itu, Dissaya juga sedang mengembangkan metode aplikasi dari krim wajah yang mengandung asam laurat tersebut sehingga asam laurat yang terkandung dalam krim wajah dapat terserap ke dalam kulit secara efektif.

Para peneliti berharap dapat memulai rangkaian uji klinis terhadap krim wajah dengan kandungan asam laurat ini sehingga dapat cepat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat yang hingga kini menjadi masalah bagi sebagian besar remaja di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar