Kamis, 19 Januari 2012

Menulis Konten atau Artikel Blog yang Berkualitas, Beberapa Cara dan Tips.

Cara dan tips menulis konten atau artikel blog yang berkualitas yang sesuai untuk visitor sangat relatif sekali tetapi cara dan tips menulis konten blog yang berkualitas yang sesuai untuk Google, agar sebuah posting atau artikel dapat diindex dengan baik di SEO.

Membuat konten atau artikel yang berkualitas merupakan salah satu cara paling mendasar dari cara membuat blog.

Berikut adalah cara dan tips menulis konten atau artikel berkualitas di blog untuk Google agar konten blog atau sebuah posting dapat mencapai peringkat baik di SERP Google. Sebelumnya saya sudah menulis cara-cara mengatasi Google Panda secara umum, sedangkan cara dan tips SEO untuk menulis konten blog yang
berkualitas dibawah ini saya usahakan spesifik untuk sebuah posting:
Membuat posting yang sesuai dengan niche atau tema blog atau website. Menulis sebuah posting yang relevan dengan tema blog akan juga menaikkan keyword density di tingkat blog, apalagi jika kita membuat internal link yang sesuai.
Konten blog yang fresh. Bagi saya, konten atau artikel blog yang fresh adalah hasil dari pemikiran kita sendiri karena sifatnya yang unik. Meskipun judul posting dan niche-nya sama, tetapi cara menulisan, kata-kata dan maknanya akan sangat unik meskipun kita mendapatkan referensi dari berbagai macam sumber. Kalau saya biasanya menulis apa yang ada di otak saya ,setelah semua selesai kemudian saya review kembali, jika semua sudah baik baru saya publish. 
Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Menulis secara terperinci mulai dari pembukaan, penjelasan dan penutup tulisan. Jangan pikirkan dahulu keyword density karena keyword density bisa ditambahkan kemudian. Biarkan diri kita mencurahkan semua pemikiran kita kedalam tulisan terlebih dahulu agar semuanya lebih sempurna.
Tautkan (outbound internal link) kata-kata yang ada di posting ke posting-posting lain yang berhubungan.
Menambahkan tag, labels, categories dan geo tagging yang sesuai.
Setelah posting saya di-index Google selesai, saya cek posting tersebut untuk keyword yang berhubungan di SERP Google. Jika posisinya sudah bagus, posting tersebut saya diamkan dan hanya saya edit jika ada tulisan yang perlu ditambahkan atau direvisi. 
Jika posisinya kurang bagus, maka posting saya edit dan saya sisipkan keyword target didalam konten dengan  tidak akan merubah pengertian dari konten atau artikel tersebut. Perlu diingat juga, posisi posting di SERP Google untuk keyword tertentu dipengaruhi juga oleh keyword density dari blog (ini berhubungan dengan point pertama diatas).
Tautkan posting tersebut dari posting-posting lain di blog anda yang berhubungan (ini kebalikan dari tautan diatas atau saya sebut inbound internal link).
Mohon baca juga posting saya "Content is The King", "Cara Membuat Blog untuk Pemula", "Tips SEO untuk Posting" dan "Cara Mengatasi Google Panda" untuk memperjelas cara dan tips membuat konten yang berkualitas.

Konten atau artikel blog merupakan 'tulang punggung' untuk SEO Google, baik untuk SEO Blogspot/SEO Blogger maupun SEO WordPress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar