Rabu, 04 Januari 2012

5 Burung Langka di Dunia

Burung adalah salah satu keajaiban, kebesaran, dan keindahan yang diberikan oleh sang Pencipta melalui kehadirannya di alam semesta, selain tanaman dan bebungaan lainnya. Burung adalah mahakarya mahluk mekanis dengan segala keindahannya, yang memiliki peranan penting dalam ekosistem, mereka membantu penyebaran dan menyuburkan tanaman, sehingga bumi menjadi hijau. Namun masih banyak jenis dan nama burung yang masih belum ditemukan di setiap belahan bumi, sehingga uniknya.com merangkum 5 burung langka tersebut:


 1.Burung Palila
Burung Palila merupakan salah satu jenis burung penghisap madu berasal dari Hawaii, bulunya berwarna abu-abu, sayap dan ekor berwarna hijau, serta kuning keemasan di kepala dan dada. Perut di dominasi warna cerah abu keputihan. Memiliki panjang 19 cm dengan paruh yang bulat.

2. Frigatebird dari Pulau Natal
Burung ini berasal dari Pulau Natal, Samudera Hindia. Mereka biasanya sering terlihat bertengger di pohon-pohon yang tinggi. Tubuhnya memiliki panjang 90-100 cm, sebuah ukuran yang besar. Ekornya melebar saat terbang dengan bulu perut berwarna putih, warna sedikit pucat pada bagian atas sayap, dan tentu sja bulu hitam mendominasi tubuhnya. Ia mampu untuk berenang, menyelam, bahkan berjalan di atas permukaan air.

3. Burung Merganser Brazil
Burung ini ditemukan di Brazil. Memiliki ukuran tubuh, panjang sekitar 49-56 cm, menyerupai bebek pada umumnya, berwarna gelap di bagian atas, abu abu gelap bagian dada hingga perut, dan spekulum sayap berwarna putih. Spesies burung ini ditemukan di Brazil Tengah bagian selatan, mereka selalu terbang cepat menyusuri sungai, danau dan perairan dangkal lainnya.

4. Burung Bustard India
Spesies burung ini dapat kita temukan  di Andhra Pradesh, Gujrat, Jammu, Kamataka, kashmir, Madhya Pradesh, Rajasthan Barat, dan Lala Parjau. Mereka seringkali terlihat di padang rumput  bahkan padang gersang. Spesies ini mendekati kepunahan akibat banyak diburu dan akibat penggunaan pestisida.

5.  Burung Marvellous Spatuletail


Spesies burung pelatuk ini memiliki ukuran tubuh sepanjang 15 cm dengan bulu biru disepanjang bagian dadanya. Burung ini dapat terlihat di Rio Utcumbaba. Keunikan dan kelangkaan dari burung ini adalah memiliki empat warna yang terdapat di bagian ekornya, namun sangat disayangkan populasinya semakin berkurang akibat adanya deforestasi (penebangan hutan), bahkan sekarang hanya ada sekitar ribuan saja yang terlihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar